Contoh Struktur Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Semester II Part II
Selasa, 10 November 2015
Edit
Selasa, 10 November 2015
Konten [Tampil]
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas Semester : VI/II
Alokasi Waktu : 6 x 35 Menit
Standar Kompetensi : Mengartikan Al-Qur’an ayat-ayat Pilihan
Kompetensi Dasar : Membaca QS. Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
Pertemuan : 1 – 4
Indikator.
· Melafalkan QS Al-Maidah ayat 3 dan Qs Al-Hujurat ayat 13
· Menuliskan Qs Al-Maidah ayat 3 dan Qs. Al-Hujurat ayat 13
· Membacakan Qs Al-Maidah ayat 3 dan Qs. Al-Hujurat ayat 13
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu membaca Qs Al-Maidah ayat 3 dan Qs. Al-Hujurat ayat 13
II. Materi Pokok : Qs Al-Maidah ayat 3 dan Qs. Al-Hujurat ayat 13
III. Metode Pembelajaran : Demonstrasi, Praktek
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
· Guru mengkondisikan kelas
· Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar
· Guru mengabsen siswa
· Guru memeriksa kebersihan kelas
· Melafalkan hafalan Juz Amma ± 5 menit
· Menghubungkan pelajaran yang lalu dengan yang akan dipelajari
· Siswa mempersiapkan alat tulis
B. Kegiatan Inti
Pertemuan 1
· Guru melafalkan Qs Al-Maidah ayat 3
· Siswa membaca satu persatu Qs Al-Maidah ayat 3
· Guru menyuruh siswa unuk menulis Qs Al-Maidah ayat 3 dengan tulisan yang baik
· Siswa menulis Qs Al-Maidah ayat 3
· Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkan bacaan yang masih salah dalam melafalkannya
· Siswa secara perorangan mendemonstrasikan bacaan Qs Al-Maidah ayat 3
· Guru memperhatikan cara menulis siswa serta memberikan penjelasan cara menulis huruf Al-Qur’an yang benar sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan Al-Qur’an
Pertemuan 2
· Guru melafalkan Qs. Al-Hujurat ayat 13
· Siswa membaca satu persatu Qs. Al-Hujurat ayat 13
· Guru menyuruh siswa untuk menulis Qs. Al-Hujurat ayat 13 dengan tulisan yang baik.
· Siswa menulis Qs. Al-Hujurat ayat 13
· Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkan bacaan yang masih salah dalam melafalkannya
· Siswa secara perorangan mendemonstrasikan bacaan Qs. Al-Hujurat ayat 13
· Guru memperhatikan cara menulis siswa serta memberikan penjelasan cara menulis huruf Al-Qur’an yang benar sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan Al-Qur’an.
C. Kegiatan Akhir
· Siswa secara bersama-sama membaca Qs Al-Maidah ayat 3 dan Qs. Al-Hujurat ayat 13
· Guru menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
· Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang
· Guru menyuruh siswa untuk membersihkan dan membereskan kelas kembali
· Siswa memberi salam sebagai akhir dari pertemuan
V. Alat/ Bahan / Sumber :
- Buku PAI Kelas VI
- Al-Qur’an dan terjemahannya
VI. Penilaian :
a. Teknik penilaian : Tes Lisan, Tulisan, non tes, perbuatan
b. Bentuk Penilaian : - Isian dan Essay
- Membaca Al-Qur’an
- Menulis Al-Qur’an
c. Instrumen : - Bacalah QS. Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
- Tulislah QS. Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13